“DOMINO CAKE”
PENDAHULUAN
Pasar
merupakan tempat interaksi ekonomi antara penjual dan pembeli. Pasar dapat
digolongkan menjadi pasar tradisional dan pasar modern. Pasar modern tidak
banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pada pasar tersebut penjual dan
pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label
harga yang tercantum dalam barang (barcode),
berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau
dilayani oleh pramuniaga.
Barang-barang
yang dapat ditemukan di pasar modern sebagian besar merupakan barang yang dapat
bertahan lama dan ada juga yang memiliki keunikan dalam bentuk. Contoh dari
pasar modern adalah pasar swalayan dan hypermarket, supermarket, dan
minimarket.
Pelaku
usaha yang kreatif dan memiliki inovasi dalam melakukan usahanya, dapat membuat
usaha yang dilakukannya menjadi unik, beda dan orisinal. Salah satu penerapan
berpikir kreatif dapat melalui pembentukan sikap, terutama opportunity creator, innovator, calculated risk taking. Salah satu
usaha yang kami temukan sebagai usaha yang unik adalah “Domino Cake”.
PROFIL
USAHA
Nama Usaha :
DOMINO CAKE
Bentuk Usaha :
Franchise
Pemilik :
Bpk. Asa dan Ibu Lili
Tempat : Bogor Trade Mall lt. 2. Posisi dari franchise ini sangat
strategis, karena berada di dekat
pintu utama dari Bogor Trade Mall. Sehingga, saat pengunjung masuk, dapat
langsung melihat Domino Cake, dan dapat menarik perhatian konsumen karena
variasi cake yang ditampilkan.
Jenis :
Cake
Tahun Berdiri :
1997
Harga :
Rp. 275.000 – Rp. 900.000 (tergantung ukuran)
Layanan :
Pesan antar (2 Hari)
Perolehan
ide bisnis karena hobby
Keunikan
dari Domino Cake: 1. Jenis cake banyak
2. Bentuk cake bervariasi
Variabel di belakang panggung :
-
Strategi
Bila menggunakan strategi 4P (Product,Place,Promotion dan
Price) untuk Domino Cake maka dapat dirinci sebagai berikut :
1.
Product
Product yang dihasilkan dari usaha ini adalah cake yang
memiliki berbagai macam variasi baik variasi jenis maupun rasa
2.
Place
Tempat usaha ini didirikan adalah di Bogor Trade Mall
lantai 2. Tempat ini memiliki posisi yang strategis karena terletak di dekat
pintu masuk,sehingga pengunjung yang masuk dapat melihat langsung stand dari
domino cake tersebut
3.
Promotion
Promosi yang dilakukan dengan menyebarkan pamflet kepada
setiap pengunjung yang masuk ke BTM dan memberikan pamflet kepada pembeli cake
dgn harapan pembeli ini dapat melihat berbagai macam jenis cake dan kembali
lagi untuk membeli cake di Domino Cake.
4.
Price
Harga yang ditawarkan bervariasi, berkisar antara Rp
275.000 – Rp 900.000 yang tergantung dari ukurannya. Ada juga produk cake kecil
yang harganya sebesar Rp 10.000
Kemudian bila strategi dilihat dari STP (Segmentasi,Targeting dan Positioning) dapat diurai sebagai
berikut :
1.
Segmentasi
Segmentasi usaha ini adalah kelas menengah ,hal ini dapat
terlihat dari harga yang relative terjangkau bagi kelas menengah.
2.
Targetting
Target usaha ini adalah ibu-ibu serta anak-anak. Target
anak-anak ini dapat terlihat dengan adanya cake berukuran kecil yang dihias
dengan gambar-gambar kartun. Kemudian target ibu-ibu maksudnya adalah domino
cake ini memberikan pelayanan dalam hal membuat cake bagi ibu-ibu yang
mengingankan cake untuk berbagai event dengan cara instant tanpa perlu lelah
untuk membuatnya.
3.
Positioning
Posisi Domino cake ini bila dilihat dari lokasinya di
Bogor Trade Mall adalah sebagai Leader karena Domino cake merupakan usaha
pembuat cake satu-satunya yang berada dilokasi tersebut
-
People
Peran
orang dalam usaha ini dibagi dalam tiga peran antara lain sebagai Pemilik,
Penjaga stand dan pembuat cake. Pemilik domino cake ini Bpk. Asa dan Ibu Lili berfungsi sebagai pengatur manajemen bisnis ini,
mereka yang melakukan perencanaan,dan pengembangan usaha tersebut. Kemudian
untuk penjaga stand terdiri dari 1 orang bertugas untuk melayani konsumen yang
memesan maupun yang membeli cake,selain itu penjaga stand ini berfungsi juga
sebagai marketing bisnis ini,yaitu dengan cara membagikan pamflet-pamflet
kepada pengunjung maupun pembeli. Dan yang terakhir adalah pembuat cake yang
terdiri dari 3 orang. Peran pembuat cake ini adalah membuat cake sesuai dengan
pesanan pembeli dan juga membuat cake untuk keperluan stand (buat dipajang)
- Sistem
Domino
cake mempunyai SOP (Standard Operasional Prosedur) seperti buka dan tutup toko
mengikuti bukanya Bogor Trade Mall, lalu Penyimpanan cake paling lama untuk
dipajang selama 3 hari, kemudian untuk pemesanan cake, cake jadi selama 2 hari
lalu diantarkan
Variabel
di atas panggung
-
Produk
Produk
yang dihasilkan yaitu cake dengan berbagai variasi jenis,bentuk dan rasa
-
Sistem
Delivery
Domino
cake memiliki system delivery atau system pesan antar bagi konsumen yang ingin
memesan kue yang baru. Layanan pesan antar ini dilakukan setelah cake yang
diinginkan konsumen jadi paling lambat 2 hari terhitung saat pemesanan
-
Service
Excellence
Service
yang diberikan oleh Domino Cake kepada konsumen adalah Memberikan hasil cake
yang sesuai pesanan konsumen baik dari segi rasa,bentuk dan juga penampilan.
Kemudian cake dapat diantarkan ke rumah konsumen dan kue yang dipesan jadi
dengan tepat waktu
No comments:
Post a Comment