Saturday, February 4, 2012

Contoh Tugas MK. Pengembangan Bisnis Kecil


“DOMINO CAKE”
PENDAHULUAN
Pasar merupakan tempat interaksi ekonomi antara penjual dan pembeli. Pasar dapat digolongkan menjadi pasar tradisional dan pasar modern. Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pada pasar tersebut penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga.
Barang-barang yang dapat ditemukan di pasar modern sebagian besar merupakan barang yang dapat bertahan lama dan ada juga yang memiliki keunikan dalam bentuk. Contoh dari pasar modern adalah pasar swalayan dan hypermarket, supermarket, dan minimarket.
Pelaku usaha yang kreatif dan memiliki inovasi dalam melakukan usahanya, dapat membuat usaha yang dilakukannya menjadi unik, beda dan orisinal. Salah satu penerapan berpikir kreatif dapat melalui pembentukan sikap, terutama opportunity creator, innovator, calculated risk taking. Salah satu usaha yang kami temukan sebagai usaha yang unik adalah “Domino Cake”.
PROFIL USAHA
Nama Usaha  : DOMINO CAKE
Bentuk Usaha : Franchise
Pemilik         : Bpk. Asa dan Ibu Lili
Tempat         : Bogor Trade Mall lt. 2. Posisi dari franchise ini sangat strategis, karena berada      di dekat pintu utama dari Bogor Trade Mall. Sehingga, saat pengunjung masuk, dapat langsung melihat Domino Cake, dan dapat menarik perhatian konsumen karena variasi cake yang ditampilkan.
Jenis            : Cake
Tahun Berdiri : 1997
Harga           : Rp. 275.000 – Rp. 900.000 (tergantung ukuran)
Layanan        : Pesan antar (2 Hari)
Perolehan ide bisnis karena hobby
Keunikan dari Domino Cake:  1. Jenis cake banyak
                                        2. Bentuk cake bervariasi

Variabel di belakang panggung :
-    Strategi
Bila menggunakan strategi 4P (Product,Place,Promotion dan Price) untuk Domino Cake maka dapat dirinci sebagai berikut :
1.    Product
Product yang dihasilkan dari usaha ini adalah cake yang memiliki berbagai macam variasi baik variasi jenis maupun rasa
2.    Place
Tempat usaha ini didirikan adalah di Bogor Trade Mall lantai 2. Tempat ini memiliki posisi yang strategis karena terletak di dekat pintu masuk,sehingga pengunjung yang masuk dapat melihat langsung stand dari domino cake tersebut
3.    Promotion
Promosi yang dilakukan dengan menyebarkan pamflet kepada setiap pengunjung yang masuk ke BTM dan memberikan pamflet kepada pembeli cake dgn harapan pembeli ini dapat melihat berbagai macam jenis cake dan kembali lagi untuk membeli cake di Domino Cake.
4.    Price
Harga yang ditawarkan bervariasi, berkisar antara Rp 275.000 – Rp 900.000 yang tergantung dari ukurannya. Ada juga produk cake kecil yang harganya sebesar Rp 10.000
Kemudian bila strategi dilihat dari STP (Segmentasi,Targeting dan Positioning) dapat diurai sebagai berikut :
1.    Segmentasi
Segmentasi usaha ini adalah kelas menengah ,hal ini dapat terlihat dari harga yang relative terjangkau bagi kelas menengah.
2.    Targetting
Target usaha ini adalah ibu-ibu serta anak-anak. Target anak-anak ini dapat terlihat dengan adanya cake berukuran kecil yang dihias dengan gambar-gambar kartun. Kemudian target ibu-ibu maksudnya adalah domino cake ini memberikan pelayanan dalam hal membuat cake bagi ibu-ibu yang mengingankan cake untuk berbagai event dengan cara instant tanpa perlu lelah untuk membuatnya.
3.    Positioning
Posisi Domino cake ini bila dilihat dari lokasinya di Bogor Trade Mall adalah sebagai Leader karena Domino cake merupakan usaha pembuat cake satu-satunya yang berada dilokasi tersebut

-    People
Peran orang dalam usaha ini dibagi dalam tiga peran antara lain sebagai Pemilik, Penjaga stand dan pembuat cake. Pemilik domino cake ini Bpk. Asa dan Ibu Lili berfungsi sebagai pengatur manajemen bisnis ini, mereka yang melakukan perencanaan,dan pengembangan usaha tersebut. Kemudian untuk penjaga stand terdiri dari 1 orang bertugas untuk melayani konsumen yang memesan maupun yang membeli cake,selain itu penjaga stand ini berfungsi juga sebagai marketing bisnis ini,yaitu dengan cara membagikan pamflet-pamflet kepada pengunjung maupun pembeli. Dan yang terakhir adalah pembuat cake yang terdiri dari 3 orang. Peran pembuat cake ini adalah membuat cake sesuai dengan pesanan pembeli dan juga membuat cake untuk keperluan stand (buat dipajang)


-    Sistem
Domino cake mempunyai SOP (Standard Operasional Prosedur) seperti buka dan tutup toko mengikuti bukanya Bogor Trade Mall, lalu Penyimpanan cake paling lama untuk dipajang selama 3 hari, kemudian untuk pemesanan cake, cake jadi selama 2 hari lalu diantarkan

Variabel di atas panggung
-    Produk
Produk yang dihasilkan yaitu cake dengan berbagai variasi jenis,bentuk dan rasa
-    Sistem Delivery
Domino cake memiliki system delivery atau system pesan antar bagi konsumen yang ingin memesan kue yang baru. Layanan pesan antar ini dilakukan setelah cake yang diinginkan konsumen jadi paling lambat 2 hari terhitung saat pemesanan
-    Service Excellence
Service yang diberikan oleh Domino Cake kepada konsumen adalah Memberikan hasil cake yang sesuai pesanan konsumen baik dari segi rasa,bentuk dan juga penampilan. Kemudian cake dapat diantarkan ke rumah konsumen dan kue yang dipesan jadi dengan tepat waktu

No comments:

Post a Comment

download,pdf,agribisnis,ppt,studi,kasus,perbankan,kelayakan,skripsi,pkl