“Analisis Faktor-Faktor
Lingkungan Eksternal dan Internal”
1. Identifikasi
permasalahan-permasalahan manajemen yang terjadi di Taman Buah Mekarsari
tersebut!, menurut Anda mengapa Taman Buah Mekarsari berubah nama dan konsep
berubah menjadi Taman Wisata Mekarsari, jelaskan jawaban Anda dan kaitkan
dengan permasalahan manajemen.
Jawab:
Permasalahan-permsalahan
yang terjadi di Taman Buah Mekarsari:
a.
Animo masyarakat untuk berkunjung ke Taman Buah
Mekarsari sangat jauh lebih rendah dibandingkan dengan animo masyarakat datang
ke Botanical Garden di Singapura maupun Nong Nooch Tropical Botanical Garden di
Thailand. Hal ini dikarenakan kurangnya
manajemen yang dilakukan terhadap tanaman buah di Taman Buah Mekarsari
yaitu kurangnya pengaturan pola tanam yang dilakukan oleh peneliti sehingga
banyak buah yang hanya berbuah setahun sekali dan enam bulan sekali akibatnya banyak pengunjung yang kecewa ketika datang ke Taman Buah Mekarsari
pengunjung tidak melihat satu pohon pun
yang berbuah.
b. Biaya operasional sehari-hari untuk merawat kebun
seluas 264 hektar dengan 400-an karyawan tidak mampu ditutup dengan harga tiket
masuk.
c. Kurangnya fasilitas dan wahana rekreasi sehingga
pengunjung hanya melihat taman buah untuk edukasi dan tamasya sedangkan untuk
hal-hal yang lain seperti permainan, olahraga dan sekolah alam tidak dapat
dilakukan akibatnya banyak pengunjung yang kurang tertarik
d. Tidak adanya manajemen pengelola terhadap akses warga
untuk beraktifitas sehingga warga sekitar melalui area kebun buah akibatnya
banyak buah yang tidak bias dipanen karena klah cepat dipetik warga seperti
durian yang berbuahpun tak sempat karena bunganya dipetik warga untuk dijual
kepasar.
e. Tidak ada kerjasama dengan pemerintah sehingga tidak
ada yang mendukung kelangsungan hidup Taman Buah Mekarsari.
Taman Buah Mekarsari berubah nama menjadi Taman Wisata Mekarsari
Konsep
awal yang dibuat oleh pengelola adalah sebagai tempat penelitian dan contoh
pembibitan buah-buahan yang ada di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Namun
persepsi yang berkembang di masyarakat waktu itu dan sampai sekarang,
bahwa Taman buah Mekarsari adalah taman yang menghasilkan buah (kebun
produksi),bisa membeli buah tersebut sebanyak mungkin. Dengan
konsep tempat pembibitan dan penelitian seperti ini, menjadikan para pengunjung
kurang tertarik berwisata kesini. Apalagi
bagi pengunjung yang kurang menyukai wisata alam seperti ini. Pengunjung
hanya diajak berkeliling taman buah tanpa ada variasi yang lain.
Pihak manajemen sadar betul akan hal ini, karena pengunjung dengan karcis
masuknya adalah salah satu pemasukan terbesar buat biaya operasional Taman Buah
Mekarsari, sehingga harus ada alternatif lain agar tempat ini menarik untuk
dikunjungi. Maka sejak dikelola oleh PT Mekar Unggul Sari konsepnya
dirubah menjadi Taman Wisata Mekarsari.
2. Menurut Anda, apakah
manajemen Taman Wisata Mekarsari memiliki “Rencana Strategis” pengembangan
usahanya?, jelaskan dengan bukti-bukti yang ada. Dan apa yang dimaksud dengan
“Rencana Strategis”?.
Jawab:
Menurut saya
manajemen Taman Wisata Mekarsari memiliki “Rencana Strategis” pengembangan
usahanya hal ini terlihat dari sadarnya pihak manajemen akan biaya yang tidak
mencukupi kegiatan operasional dari harga tiket masuk. Manajemen Taman Wisata
mekarsari melakukan rencana strategis untuk menutupi biaya operasionalnya yaitu
dengan merancang pembangunan fasilitas dan wahana baru yang ada di lingkungan
TWM. Dengan demikian, pengunjung tidak hanya melihat taman buah untuk edukasi
dan tamasya, tetapi juga untuk hal-hal lain. Manajemen TWM menggandeng investor
yang akan ikut membangun 12 sarana dan wahana baru berupa hotel, cottage, pukul
golf, kolam renang, olahraga air dan sekolah alam. Dengan tambahan itu diharapkan
TWM mampu membiayai kegiatan penelitian dan operasional. Berbagai upaya
dilakukan untuk membangkitkan kembali sejumlah penelitian dan kegiatan lainnya.
Antara lain dengan meningkatkan harga tiket masuk untuk mnutup biaya
operasional dari Rp 4.000 per orangmenjadi Rp 5.000. Selain itu pihak manajemen
juga meningkatkan jumlah buah-buahan yang dipanen. Mengatur pola tanam sehingga
sepanjang tahun akan selalu ada musim buah di TWM dengan mengatur berbagai
macam buah yang semula hanya berbuah setahun sekali menjadi dua kali, yang
biasanya berbuah enam bulan sekali menjadi tiga bulan sekali.
Pengertian Rencana Strategis
Rencana
strategis adalah sebuah rencana yang komprehensif yang mengintegrasikan segala
resources dan capabilities yang mempunyai tujuan jangka panjang untuk
memenangkan kompetisi. Strategi adalah bakal tindakan yang menuntut
keputusan manajemen puncak dan sumber daya perusahaan yang banyak untuk
merealisasikannya. Disamping itu, strategi juga mempengaruhi kehidupan
organisasi dalam jangka panjang, paling tidak selama lima tahun. Oleh karena
itu, sifat strategi adalah berorientasi ke masa depan. Strategi mempunyai
fungsi multifungsional atau multidimensional dan dalam perumusannya perlu
mempertimbangkan faktor-faktor internal maupun eksternal yang dihadapi
perusahaan (David, 2004).
3. Jika dikaitkan dengan
matrik hambatan dan kemampulabaan (Porter-1990, hal 20) yang mengidentifikasi
hambatan masuk dan hambatan keluar. Menurut Anda, posisi Taman Wisata Mekarsari
ada di kuadran mana? Jelaskan jawaban Anda!.
Jawab:
Posisi Taman
Wisata Mekarsari ada di kuadran Return Tinggi dan Stabil dengan adanya
pengelolaan manajemen yang baik maka TWM dapat terus berkembang. Dengan produk
dan jasa yang unik TWM dapat bersaing dengan perusahaan lainnya sehingga perusahaan
lain sulit untuk bersaing dengan Taman Wisata Mekarsari.
4. a. Apakah strategi yang
dijalankan oleh Taman Wisata Mekarsari tersebut mampu menjadikan perusahaan
memiliki keunggulan bersaing?, jelaskan jawaban anda!
Jawab:
Strategi yang dijalankan oleh Taman Wisata Mekarsari mampu menjadikan
perusahan memiliki keunggulan bersaing karena Strategi Taman Wisata Mekarsari yang telah dibuat oleh pihak
manajemen atau pihak pengelola perusahaan, bertujuan untuk meningkatkan
penjualan produk berupa buah maupun jasa wisata sehingga pendapatan yang akan
diterima perusahaan terus meningkat dan mampu menutupi biaya operasional.
Selanjutnya Taman Wisata Mekarsari yang pada awalnya bernama Taman Buah
Mekarsari merubah namanya dimana terdapat banyaknya anggapan bahwa Taman Buah
Mekarsari merupakan taman yang dapat mengasilkan buah. Dengan dirubahnya nama
taman buah tersebut dan dengan pembangunan fasilitas dan wahana maka banyak
masyarakat yang datang berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari. Hal ini terlihat
dari peningkatan jumlah pengunjung yang bisa mencapai 20.000 orang dalam sehari
pada saat libur lebaran.
b. Lakukan identifikasi
faktor-faktor Strategi Bersaing Berlian Porter untuk Taman Wisata Mekarsari
tersebut dan gambarkan strategi bersaing Berlian Porter!.
Jawab:
Faktor-faktor
strategi Bersaing Berlian Porter untuk Taman Wisata Mekarsari:
1.
Pendatang baru
Taman Wisata
Mekarsari memiliki keunggulan yaitu merupakan kebun koleksi buah tropis
terbesar di dunia sehingga jika ada pendatang baru yang akan bersaing dengan
TWM maka akan memiliki kesulitan dalam hal differensiasi produk, modal yang
dibutuhkan akan sangat besar
2.
Pemasok
Pemasok untuk
tanaman pada Taman Wisata Mekarsari dari berbagai macam daerah maupun dunia akan
tetapi karena tanaman tersebut telah dikembangkan oleh TWM sehingga TWM tidak
khawatir akan kekurangan pemasok.
3.
Produk Pengganti
Untuk saat ini
produk yang dikeluarkan oleh mekarsari berbeda dengan produk lainnya, karena di
mekarsari merupakan tanaman buah unggulan dari beberapa daerah dan dunia
sehingga produk pengganti buah-buahan lainnya yang dijual di pasar bebeda
dengan buah di mekarsari selain produk unggul buah dapat dipetik sendiri
sedangkan produk buah lain hanya tinggal menikmati saja.
4.
Pembeli/pelanggan
Pembeli atau
pelanggan memiliki peran yang sangat besar bagi TWM karena produk yang
ditawarkan TWM unik dan menarik sehingga menarik minat pembeli maupun pelanggan
karena dengan tiket yang murah pelanggan mendapatkan kualitas yang tinggi.
5.
Antar perusahaan dalam industry yang sama
Persaingan
antar Taman Wisata Mekarsari dengan perusahaan lain yang sama tidak begitu
terlihat sehingga TWM hanya menarik pelanggan agar mengunjungi dan membeli
produk TWM.
KESIMPULAN
Taman Buah Mekarsari berganti nama menjada Taman Wisata Mekarsari,
penggantian nama tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan bisnis di lingkungan
TWM guna membiayai kegiatan penelitian, operasional dan karyawan. Perubahan
nama tersebut merupakan salah satu strategi untuk menarik minat masyarakat
untuk mengunjungi TWM. Hal tersebut juga didukung oleh manajemen yang baik
terhadap Taman Wisata Mekarsari seperti penambahan fasilitas dan wahana baru
sehingga TWM dapat bersaing dan terus berkembang, ini dapat dilihat dengan
meningkatnya jumlah pengunjung yang datang ke Taman Wisata Mekarsari.
DAFTAR PUSTAKA
No comments:
Post a Comment