Sunday, February 5, 2012

Contoh TUGAS MK. STRATEGI KEBIJAKAN BISNIS

 “Analisis Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal dan Internal”

1. Identifikasi permasalahan-permasalahan manajemen yang terjadi di Taman Buah Mekarsari tersebut!, menurut Anda mengapa Taman Buah Mekarsari berubah nama dan konsep berubah menjadi Taman Wisata Mekarsari, jelaskan jawaban Anda dan kaitkan dengan permasalahan manajemen.
Jawab:
Permasalahan-permsalahan yang terjadi di Taman Buah Mekarsari:
a.    Animo masyarakat untuk berkunjung ke Taman Buah Mekarsari sangat jauh lebih rendah dibandingkan dengan animo masyarakat datang ke Botanical Garden di Singapura maupun Nong Nooch Tropical Botanical Garden di Thailand. Hal ini dikarenakan kurangnya  manajemen yang dilakukan terhadap tanaman buah di Taman Buah Mekarsari yaitu kurangnya pengaturan pola tanam yang dilakukan oleh peneliti sehingga banyak buah yang hanya berbuah setahun sekali dan enam bulan sekali  akibatnya banyak pengunjung yang kecewa  ketika datang ke Taman Buah Mekarsari pengunjung  tidak melihat satu pohon pun yang berbuah.
b.  Biaya operasional sehari-hari untuk merawat kebun seluas 264 hektar dengan 400-an karyawan tidak mampu ditutup dengan harga tiket masuk.
c.  Kurangnya fasilitas dan wahana rekreasi sehingga pengunjung hanya melihat taman buah untuk edukasi dan tamasya sedangkan untuk hal-hal yang lain seperti permainan, olahraga dan sekolah alam tidak dapat dilakukan akibatnya banyak pengunjung yang kurang tertarik

d.  Tidak adanya manajemen pengelola terhadap akses warga untuk beraktifitas sehingga warga sekitar melalui area kebun buah akibatnya banyak buah yang tidak bias dipanen karena klah cepat dipetik warga seperti durian yang berbuahpun tak sempat karena bunganya dipetik warga untuk dijual kepasar.
e. Tidak ada kerjasama dengan pemerintah sehingga tidak ada yang mendukung kelangsungan hidup Taman Buah Mekarsari.
Taman Buah Mekarsari berubah nama menjadi Taman Wisata Mekarsari
Konsep  awal yang dibuat oleh pengelola adalah sebagai tempat penelitian dan contoh pembibitan buah-buahan yang ada di seluruh Indonesia, bahkan  dunia. Namun persepsi yang berkembang di masyarakat waktu itu dan sampai  sekarang, bahwa Taman buah Mekarsari adalah taman yang menghasilkan buah  (kebun produksi),bisa membeli buah tersebut sebanyak mungkin. Dengan konsep tempat pembibitan dan penelitian seperti ini, menjadikan para pengunjung kurang tertarik berwisata kesini. Apalagi bagi pengunjung yang kurang menyukai wisata alam seperti ini. Pengunjung hanya diajak berkeliling taman buah tanpa ada variasi yang lain.   Pihak manajemen sadar betul akan hal ini, karena pengunjung dengan  karcis masuknya adalah salah satu pemasukan terbesar buat biaya operasional Taman Buah Mekarsari, sehingga harus ada alternatif lain agar tempat ini menarik untuk dikunjungi. Maka sejak dikelola oleh PT  Mekar Unggul Sari konsepnya dirubah menjadi Taman Wisata Mekarsari. 

2. Menurut Anda, apakah manajemen Taman Wisata Mekarsari memiliki “Rencana Strategis” pengembangan usahanya?, jelaskan dengan bukti-bukti yang ada. Dan apa yang dimaksud dengan “Rencana Strategis”?.
Jawab:
Menurut saya manajemen Taman Wisata Mekarsari memiliki “Rencana Strategis” pengembangan usahanya hal ini terlihat dari sadarnya pihak manajemen akan biaya yang tidak mencukupi kegiatan operasional dari harga tiket masuk. Manajemen Taman Wisata mekarsari melakukan rencana strategis untuk menutupi biaya operasionalnya yaitu dengan merancang pembangunan fasilitas dan wahana baru yang ada di lingkungan TWM. Dengan demikian, pengunjung tidak hanya melihat taman buah untuk edukasi dan tamasya, tetapi juga untuk hal-hal lain. Manajemen TWM menggandeng investor yang akan ikut membangun 12 sarana dan wahana baru berupa hotel, cottage, pukul golf, kolam renang, olahraga air dan sekolah alam. Dengan tambahan itu diharapkan TWM mampu membiayai kegiatan penelitian dan operasional. Berbagai upaya dilakukan untuk membangkitkan kembali sejumlah penelitian dan kegiatan lainnya. Antara lain dengan meningkatkan harga tiket masuk untuk mnutup biaya operasional dari Rp 4.000 per orangmenjadi Rp 5.000. Selain itu pihak manajemen juga meningkatkan jumlah buah-buahan yang dipanen. Mengatur pola tanam sehingga sepanjang tahun akan selalu ada musim buah di TWM dengan mengatur berbagai macam buah yang semula hanya berbuah setahun sekali menjadi dua kali, yang biasanya berbuah enam bulan sekali menjadi tiga bulan sekali.
Pengertian Rencana Strategis    
Rencana strategis adalah sebuah rencana yang komprehensif yang mengintegrasikan segala resources dan capabilities yang mempunyai tujuan jangka panjang untuk memenangkan kompetisi. Strategi adalah bakal tindakan yang menuntut keputusan manajemen puncak dan sumber daya perusahaan yang banyak untuk merealisasikannya. Disamping itu, strategi juga mempengaruhi kehidupan organisasi dalam jangka panjang, paling tidak selama lima tahun. Oleh karena itu, sifat strategi adalah berorientasi ke masa depan. Strategi mempunyai fungsi multifungsional atau multidimensional dan dalam perumusannya perlu mempertimbangkan faktor-faktor internal maupun eksternal yang dihadapi perusahaan (David, 2004).

3. Jika dikaitkan dengan matrik hambatan dan kemampulabaan (Porter-1990, hal 20) yang mengidentifikasi hambatan masuk dan hambatan keluar. Menurut Anda, posisi Taman Wisata Mekarsari ada di kuadran mana? Jelaskan jawaban Anda!.
Jawab:
Posisi Taman Wisata Mekarsari ada di kuadran Return Tinggi dan Stabil dengan adanya pengelolaan manajemen yang baik maka TWM dapat terus berkembang. Dengan produk dan jasa yang unik TWM dapat bersaing dengan perusahaan lainnya sehingga perusahaan lain sulit untuk bersaing dengan Taman Wisata Mekarsari.  

4.  a. Apakah strategi yang dijalankan oleh Taman Wisata Mekarsari tersebut mampu menjadikan perusahaan memiliki keunggulan bersaing?, jelaskan jawaban anda!
Jawab:
Strategi yang dijalankan oleh Taman Wisata Mekarsari mampu menjadikan perusahan memiliki keunggulan bersaing karena Strategi Taman Wisata Mekarsari yang telah dibuat oleh pihak manajemen atau pihak pengelola perusahaan, bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk berupa buah maupun jasa wisata sehingga pendapatan yang akan diterima perusahaan terus meningkat dan mampu menutupi biaya operasional. Selanjutnya Taman Wisata Mekarsari yang pada awalnya bernama Taman Buah Mekarsari merubah namanya dimana terdapat banyaknya anggapan bahwa Taman Buah Mekarsari merupakan taman yang dapat mengasilkan buah. Dengan dirubahnya nama taman buah tersebut dan dengan pembangunan fasilitas dan wahana maka banyak masyarakat yang datang berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pengunjung yang bisa mencapai 20.000 orang dalam sehari pada saat libur lebaran.
b. Lakukan identifikasi faktor-faktor Strategi Bersaing Berlian Porter untuk Taman Wisata Mekarsari tersebut dan gambarkan strategi bersaing Berlian Porter!.
Jawab:
Faktor-faktor strategi Bersaing Berlian Porter untuk Taman Wisata Mekarsari:
1.    Pendatang baru
Taman Wisata Mekarsari memiliki keunggulan yaitu merupakan kebun koleksi buah tropis terbesar di dunia sehingga jika ada pendatang baru yang akan bersaing dengan TWM maka akan memiliki kesulitan dalam hal differensiasi produk, modal yang dibutuhkan akan sangat besar
2.    Pemasok
Pemasok untuk tanaman pada Taman Wisata Mekarsari dari berbagai macam daerah maupun dunia akan tetapi karena tanaman tersebut telah dikembangkan oleh TWM sehingga TWM tidak khawatir akan kekurangan pemasok.
3.    Produk Pengganti
Untuk saat ini produk yang dikeluarkan oleh mekarsari berbeda dengan produk lainnya, karena di mekarsari merupakan tanaman buah unggulan dari beberapa daerah dan dunia sehingga produk pengganti buah-buahan lainnya yang dijual di pasar bebeda dengan buah di mekarsari selain produk unggul buah dapat dipetik sendiri sedangkan produk buah lain hanya tinggal menikmati saja.
4.    Pembeli/pelanggan
Pembeli atau pelanggan memiliki peran yang sangat besar bagi TWM karena produk yang ditawarkan TWM unik dan menarik sehingga menarik minat pembeli maupun pelanggan karena dengan tiket yang murah pelanggan mendapatkan kualitas yang tinggi.
5.    Antar perusahaan dalam industry yang sama
Persaingan antar Taman Wisata Mekarsari dengan perusahaan lain yang sama tidak begitu terlihat sehingga TWM hanya menarik pelanggan agar mengunjungi dan membeli produk TWM.

KESIMPULAN
Taman Buah Mekarsari berganti nama menjada Taman Wisata Mekarsari, penggantian nama tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan bisnis di lingkungan TWM guna membiayai kegiatan penelitian, operasional dan karyawan. Perubahan nama tersebut merupakan salah satu strategi untuk menarik minat masyarakat untuk mengunjungi TWM. Hal tersebut juga didukung oleh manajemen yang baik terhadap Taman Wisata Mekarsari seperti penambahan fasilitas dan wahana baru sehingga TWM dapat bersaing dan terus berkembang, ini dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah pengunjung yang datang ke Taman Wisata Mekarsari.

DAFTAR PUSTAKA




No comments:

Post a Comment

Post a Comment

download,pdf,agribisnis,ppt,studi,kasus,perbankan,kelayakan,skripsi,pkl